Senin, 28 Maret 2016

My Journey - KTI Pertamina Cilacap

Pengalaman ini dimulai ketika Ibu Fortin, guru biologi SMA sekaligus pembimbing karya tulis ilmiah kami sebelumnya menawarkan kami untuk ikut serta dalam lomba INOVASI yang diadakan oleh Pertamina Revinery unit IV Cilacap. dalam rangka memperingati bukan K3 Pada kesempatan ini, saya mengikuti karya ilmiah ini bersama Shofura Nada dan Aisyah Zahra. Bu Fortin sebagai pembimbing kami memberikan ide dan saran untuk judul karya tulis kami. Pada awalnya kami sangat semangat, kami mengumpulkan bahan-bahan dan mulai membuat karya ilmiah kami. Namun, berkali-kali kami mengalami kesulitan dan kegagalan. Kami pun terus mencoba hingga suatu waktu produk kami berhasil menjadi polybag organic dengan komposisi yang seimbang. Percobaan ini berlangsung lama, menguras waktu dan tenaga sehingga pada H-5 pengumpulan data saya jatuh sakit. Kami sempat ragu kalau kami tidak akan lolos, karena saya sendiri melihat team-team teman sekelas saya menghasilkan percobaan yang bagus dan beberapa sudah berhasil.

1 Minggu kemudian, tepatnya ketika saya masih sakit, kami mendapatkan kabar kalau team kami merupakan salah satu dari 8 team yang lolos dan diundang untuk datang ke Pertamina Cilacap untuk mempresentasikan karya ilmiah kami. Seketika saya merasa sangat sehat dan sangat bersyukur. Karena kami sendiri tidak menyangka kalau kami bisa lolos final lomba karya tulis ilmiah Nasional ini.

Beberapa hari sebelum keberangkatan kami ke Cilacap, kami mempersiapkan semaksimal mungkin yang dapat kami lakukan untuk karya ilmiah ini.  Tentunya dengan bimbingan guru-guru kami yang selalu memberi saran, doa dan juga semangat kepada kami.

Sabtu, 19 Februari 2016

Pukul 11.00 kami latihan presentasi yang pertama kalinya dengan Ibu Fortin dan Bapak Mansyur. Karna sebelumnya kami belum pernah latihan presentasi dengan serius, hanya sekedar membaca sambil membuat powerpoint saja. Kami mendapatkan beberapa pertanyaan juga masukan dan saran untuk kedepannya agar presentasi kami lebih baik lagi.
Pada hari ini juga, kami sibuk mencari tiket keberangkatan dan kepulangan. Beberapa kali kami kehabisan tiket dalam selang waktu beberapa detik. Namun, akhirnya kami mendapatkan tiket keberangkatan menggunakan Kereta Api Purwojaya yang akan berangkat dari Stasiun Gambir hari Selasa, 23 Februari 2016 pukul 22.15 menuju Stasiun Cilacap.
Dan untuk tiket pulang, kami menggunakan Kereta Api Tegal Bahari dari Stasiun Tegal hari Sabtu, 27 Februari 2016 pukul 06.00 menuju Stasiun Gambir.

Senin, 21 Februari 2016

Pada hari ini kami latihan presentasi sendiri, membuat catatan-catatan kecil, mempelajari lagi dan menyempurnakan presentasi. Hari ini kami fokus dalam latihan presentasi dari pagi hingga siang. Pada sore harinya kami membeli bahan-bahan untuk membuat polybag organik lagi dan akan dilanjutkan besok hari.

Selasa, 22 Februari 2016

Pada pagi harinya, kami langsung bergerak membuat polybag organic. Kami bagi-bagi tugas, ada yang membeli barang-barang yang kurang, ada yang memasak aci sebagai salah satu alat perekat, ada yang mencetak polybag. Alhamdulillah polybag organic jadi dalam waktu kurang lebih 2 jam.
            Karna sore ini kami berangkat ke Cilacap, maka dari itu kami izin pulang siang untuk istirahat dan memperiapkan hal lainnya.

Pukul 17.00 saya dan Aisyah sudah siap di sekolah. Setelah melaksanakan solat maghrib, kira-kira pukul 19.15 kami berangkat menuju stasiun Gambir.  Kami sempat khawatir macet, tapi Alhamdulillah perjalanan lancar dan kami sampai di Stasiun Gambir pukul 21.00.
            Sesampai disana kami menuju Indomart untuk membeli minuman, setelah itu kami makan di KFC sambil menunggu kereta Api.

Pukul 22.00 kami masuk ke dalam kereta. Namun ada sedikit kendala tempat duduk. Karena dari awal tiket kereta Api sudah mulai habis, jadi kami berempat tempat duduknya berpisahan. Tapi untungnya, ada yang berbaik hati mau bertukar tempat dengan saya sehingga saya bisa duduk bersama Nada. Karena saya belum pernah naik Kereta Api sebelumnya, makanya saya sangat menikmati perjalanan.

Rabu, 23 Februari 2016

Sekitar pukul 06.00 kereta kami berhenti pada tujuan terakhir yaitu stasiun Cilacap. Kami sudah dijemput oleh pihak Pertamina dan segera menuju ke rumah penginapan. Namun, ternyata kami hanya menumpang untuk istirahat dan bersih-bersih di salah satu rumah panitia yang baru saja menjemput kami.  Di rumahnya, kami berkenalan dengan anak pemilik rumah tersebut. Namanya Mbak Anis, dia sangat baik dan ramah. Kami disiapkan sarapan nasi uduk dan disajikan tempe mendoan khas cilacap. Kami beristirahat hingga jam 1. siang. Setelah solat dzuhur dan makan siang, kami berangkat menuju hotel Griya Patra.

Kami sampai di hotel Griya Patra pukul 1.30. Griya Patra merupakan penginapan milik PERTAMINA. Sesampai disana kami disambut oleh para panitia dan karyawan Pertamina dengan ramah.
            Kami mendapatkan 2 kamar, yang pertama untuk kami para peserta dan yang satu lagi untuk guru pendamping. Namun kebetulan teman kamar Abla Fera tidak ada. Sampai kamar kami semua langsung beres-beres dan istirahat sebentar.
            Pukul 06.00 kami keluar cari makan malam. Para panitia acara sangat ramah sekali, mereka ingin mengantar kami mencari makanan, namun kami memilih untuk berjalan sendiri yang kebetulan tempat makanan ada di sebrang jalan kawasan itu. Kami akhirnya makan nasi goreng dan kwetiaw. Dan tidak lupa kami membungkus makanan kwetiau untuk di makan nanti malam dan juga membeli buah kelereng. Lalu kami kembali ke hotel.
            Kami berkumpul di kamar Abla Fera, nonton Tv bersama, ngobrol, dan makan kelengkeng. Lalu kami kembali ke kamar kami dan makan kwetiaw. Lalu istirahat.

Kamis, 24 Februari 2016

Subuh kami dibangunkan dan bergantian mandi karena jam 06.00 kami harus sudah berkumpul untuk diberi pengarahan sekalian sarapan pagi yang sudah disiapkan Pertamina. Presentasi finalis dari tingkat SMA hingga Universitas akan diselenggarakan pada hari ini.
            Menu sarapan pagi ini adalah nasi goreng. Setelah itu kami absen sekaligus mendapatkan sertifikat finalis INOVASI bulan K3 dan memasuki ruangan besar seperti aula yang sudah disiapkan kursi-kursi untuk para hadirin, dan juga panggung.
            Kami duduk dan keadaan sekitar masih sepi karena kami berada pada absen pertama sekolah yang sudah hadir. Kami mengambil beberapa dokumentasi.

Pukul 09.00 acara dimulai dengan pembukaan oleh MC juga pembacaan doa oleh salah satu juri. Setelah itu pembacaan tata tertib oleh juri.
Presentasi pertama oleh Universitas Politeknik Semarang. Kami berpresentasi setelah makan siang dan solat zuhur.
            Pemberitahuan pemenang diumumkan sore itu juga, namun dalam kesempatan kali ini, kami masih harus belajar lagi. Walaupun kami tidak meraih juara tapi kami harus tetap bersyukur bisa lolos seleksi nasional.

Jum’at, 26 Februari

Sekitar jam 7 pagi kami diantar ke terminal bis di purwokerto yang membutuhkan waktu 2 jam. Setelah itu kami melanjutkan perjalanan kami ke Tegal mengunjungi rumah Abla Fera. Disana kami beristirahat semalam dan berkenalan dengan keluarga abla Fera.

Sabtu, 27 Februari

Hari ini merupakan hari terakhir kami di sini sebelum kami pulang ke Cibubur. Kami hampir ketinggalan kereta saat itu. Tapi Alhamdulillah kami bisa masuk ke kereta sebelum kereta benar-benar jalan. Kami sampai Jakarta pukul 11.00.

Saya sangat senang dan bersyukur ditambah lagi dapat menambah pengalaman mengikuti bahkan lolos final lomba karya ilmiah Nasional walaupun  tidak meraih kejuaraan. Alhamdulillah saya sudah mendapatkan pengalaman karya ilmiah dan berjuara di tingkat kabupaten/kota, dan juga menjadi finalis lomba tingkat Nasional. Jika ada kesempatan, semoga kami dapat mengikuti perlombaan tingkat Internasional. Aamiin.