Kamis, 4 Agustus 2017
Kelas XI Brunei Pukul
09.30 – 11.30
Hari
kamis ini siswa belajar tentang penyajian data dalam bentuk diagram garis,
diagram lingkaran dan diagram batang. Sebelum masuk pada materi penyajian data
mengulas terlebih dahulu materi sebelumnya yaitu mencari simpangan rata-rata,
ragam dan simpangan baku. Alhamdulillah hari ini kamis tanggal 4 Agustus 2017
siswa dan siswi antusias dalam belajar sehingga materi yang sebelumnya dapat dikuasai
oleh siswa.
(
Siswa mencari data dan memastikan ukuran sepatu siswa kelas X Pakistan)
(
Siswa bekerja sama memecahkan masalah dari data yang diperoleh)
(
Jawaban kelompok Ilyas, Umar, Fida dan Nada)
Penyajian
data dalam bentuk digram garis, diagram batang dan diagram lingkaran sebelumnya
sudah dipelajari pada jenjang Sekolah Menengah Pertama namun ada beberapa siswa
yang tidak ingat bagaimana cara membuat diagram lingkaran. Untuk dapat membuat
diagram lingkaran terlebih dahulu mencari sudut-sudut yang dicari dalam soal.
Pada dasarnya untuk mengingatkan kembali tentang materi tersebut guru
memberikan contoh data dan mengulasnya kembali kepada siswa bagaimana cara
mencari sudut yang ada pada digram lingkaran dan bagaimana cara menggambar pada
diagram lingkaran, digram garis dan diagram batang. Setelah guru mengajarkan
tentang diagram batang, diagram garis dan diagram lingkaran guru memberikan
tugas kepada siswa secara berkelompok untuk mendata nomor sepatu siswa siswi
Fajar Hidayah pada kelas X Singapore, X Pakistan, XI Malaysia dan XI Brunei serta dari data tersebut mencari
mean, median, modus, kuartil, simpangan rata-rata, simpangan baku, ragam,
diagram batang, digram garis, dan diagram lingkarannya.
Siswa
cukup antusias dalam mengerjakannya. Satu persatu kelompok mewawancarai siswa
dan siswa pada kelas X Singapore, X Pakistan, XI Malaysia dan XI Brunei. Setelah beberapa menit data
terkumpul dengan cepatnya, mereka langsung mengerjakan dan membagi pekerjaan
bersama-bersama dalam satu kelompok. Alhamdulillah target agar siswa dapat
mengerjakan dan memahami materi tentang penyajian data dan ukuran penyebaran
data terpenuhi walaupun dari hasil siswa ada beberapa yang kurang tepat dalam
menghitungnya. Dengan belajar dan mencari sendiri dari apa yang tersedia
dilingkungan siswa berada siswa lebih antusias dalam belajar serta menjawabnya
dibandingkan guru menyediakan data sendiri kemudian siswa menjawab dengan data
yang guru kasih itu hasilnya dan semngatnya sangat berbeda.
Belajar
mencari dan menemukan hasil sendiri lebih bermakna dan lebih menambah rasa
keingintahuan siswa. Saling berkomunikasi dan bekerjasama dalam memecahkan
masalah dan mencari data sangat dibutuhkan dalam menjawab semua pertanyaan yang
diberikan oleh guru. Jawaban yang dihasilkan oleh siswa sangat bervariasi dalam
mengerjakan masalah yang diajukan. Mereka menjawab dan menuliskan jawaban
tersebut runtun sesuai dengan yang diajarkan oleh guru. Tetap semangat siswa
siswi kelas XI Brunei.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar