Senin, 03 April 2017

Membangun Kolaborasi dan Jaringan untuk Peningkatan Kualitas Pendidikan.



Pembelajaran tidak selamanya harus di sekolah. Akan lebih menarik dan variatif bila sesekali dilakukan outing. Outing akan memberikan suasana yang berbeda,  menambah wawasan, pengalaman dan juga tentunya pengetahuan.


Awetan Kera
Berkunjung ke  berbagai perusahaan atau lembaga pendidikan yang ada di sekitar adalah salah alternatif yang dapat dilakukan oleh sekolah. Bahkan tak jarang  lembaga atau perusahaan akan memberikan fasilitas kunjungan tanpa mengenakan biaya sepeserpun karena prinsipnya adalah simbiosis mutualisme, saling menguntungkan kedua belah pihak. Sekolah mendapat ilmu sedangkan bagi perusahaan sebagai ajang promosi.

 Awetan Basah Berbagai Macam Specimen

Seperti yang dilakukan SMA Fajar Hidayah,  beberapa waktu saat  melakukan kunjungan ke BIOTROP, LIPI dan Museum Zoologi di Bogor. Beberapa kegiatan ilmiah seperti budi daya jamur, kuliah singkat tentang penanganan cendawan pasca panen  praktek kultur jaringan serta belajar bagaimana mengawetkan hewan mereka dapatkan dalam satu hari kunjungan.
Di Fajar Hidayah kegiatan outing biasa disebut Kunjungan  Edukatif  (Kunjed)- kunjed adalah salah satu kegiatan yang paling diminati siswa. Setiap kelas mendapatkan kesempatan kunjed di tiap semesternya. Ilmu yang didapatkan  diintegrasikan dengan materi pelajaran. Sehingga konsep pembelajaran bermakna terealiasikan.

Awetan Kering Berbagai Macam Specimen Kumbang

Beberapa kelebihan yang didapatkan melalui kegiatan Kunjungan Edukatif antara lain :
Pertama, siswa langsung mendapatkan informasi dari nara sumber yang berkompeten di bidangnya, tercipta suasana diskusi dan komunikasi yang berjalan dua arah, sehingga selain pemahaman keilmuan kecakapan bersosialisasi siswa dapat terupgrade.
Kedua, siswa dapat mencoba teknologi baru, melalui praktikum di laboratorium dengan  berbagai sarana yang modern dapat menstimuli rasa ingin tahu siswa.


Awetan Kering Berbagai Macam Specimen Burung Pipit

Ketiga, belajar menulis laporan ilmiah,  karena selama kunjed siswa merekam kegiatan yang dilakukan baik dengan media elektronik atau dengan mencatat. Dilanjutkan dengan membuat laporan tertulis dan dapat dipublikasikan sehingga dapat menginspirasi siswa lainnya.

 Awetan Basah  Ikan
 
Keempat, menjalin kerjasama yang berkesinambungan antar sekolah dengan lembaga guna membangun sinergitas dan kolaborasi untuk memaksimalkan pencapaian tujuan pendidikan. Jadi tidak ada salahnya bila kita mulai mengagendakan kunjed dari sekarang agar lebih maksimal hasilnya. (FSH)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar