Jumat, 17 Februari 2017

I Do I Remember




Praktikum selalu menjadi kegiatan yang menarik bagi siswa, ya karena dilakukan dalam suasana yang berbeda, tidak di dalam kelas, tidak harus duduk diam, banyak hal yang bisa dicoba, dinamis dan inovatif, I’am doing something new”  today kira-kira begitu ungkapan yang terpancar dari wajah mereka.
Jumat 27 Januari 2017 siswa kelas Malaysia praktikum Biologi di Laboratorium IPA Lt 4 Gd Umar. Mereka ingin menguji kandungan bahan makanan seperti amilum, glukosa, lemak dan protein  dalam berbagai makanan yang biasa dikonsumsi sehari-hari, seperti nasi, jagung, kentang, mentega dan, telur . Bak seorang   ilmuwan, mereka fokus mengerjakan tahapan demi tahapan praktikum untuk menguji dan mencari jawaban atas hipotesa. 

Obrolan yang terjadi di antara mereka selama praktikum adalah diskusi yang mengalir tanpa sengaja , dan itulah kelebihan metode pembelajaran praktikum. Konsep berfikir dan alur kerja ilmiah tercipta melalui aktivitas bukan lagi runtutan teori yang harus dibaca dan dihapalkan.
Memulai praktikum tepat waktu, melaksanakan sesuai prosedur kerja dan menaati peraturan selama di lab  adalah cermin kedisiplinan. Menuliskan data hasil observasi apa adanya tanpa rekayasa mendidik mereka tuk memahami akan luhurnya nilai kejujuran.  Kerja sama antar antar anggota kelompok untuk saling bantu mendapatkan hasil praktikum yang maksimal  mengasah kecerdasan sosial dan menyadarkan pentingnya tanggung jawab dalam kebersamaan. Dan saya kira tidaklah berlebihan bila saya berpendapat bahwa praktikum mampu membentuk karakter positif siswa.


Praktikum  mengajarkan siswa mencari tahu jawaban dan  pembuktian dengan melakukan uji coba. Kata kuncinya adalah melakukan, sebagaimana yang pernah dikatakan oleh  filsuf China kuno Conficius yang melekat hingga sekarang terutama di kalangan pendidik
I hear and I forget,
I see and I remember
I do and I undertand
Sebagai guru, saya sendiri  menikmati suasana pembelajaran yang  diminati siswa, antusiasme, keaktifan, rasa ingin tahu  kegembiraan  dan ekspresi  kepuasan   dari mereka memberikan energi terbarukan tuk terus berkarya. (fsh)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar